Menikmati Keangunan Rumah Adat Melayu Pontianak

Menikmati Keangunan Rumah Adat Melayu Pontianak

Rumah Adat Melayu Pontianak – Lokasinya terletak di Kompleks Desa Budaya, Jalan Sutan Syahrir Kota Pontianak. Jika dilihat sejarahnya, pembangunan Rumah Adat Melayu dimulai dengan pilar pertama pada 17 Mei 2003 hingga selesai pada tahun 2005. Selanjutnya, Tepatnya pada tanggal 9 November 2005 Rumah yang menjadi ikon pntianak ini diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla.

Sejak peresmiannya, bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 1,4 hektar ini telah menjadi pusat tempat untuk berbagai kegiatan wisata, resepsi pernikahan dan salah satu tujuan kunjungan wisatawan lokal dan asing.

Sifat rumah / aula adalah tempat untuk melakukan kegiatan kemasyarakatan dan kegiatan sosial, termasuk tempat untuk mengadakan pertemuan dan sebagainya. Ungkapan di atas memberi petunjuk, bahwa rumah / aula melambangkan filosofi kerja sama, nasib yang sama dan solidaritas sosial dalam komunitas Melayu, “Adat ditegakkan, budaya dipuji”.

Rumah Adat Melayu Bangunan Multifungsi di Pontianak

Rumah Adat Melayu ini juga berfungsi sebagai tempat musyawarah para Dewan Adat Budaya Melayu (MABM) yang berperan dalam mengadakan berbagai acara budaya Melayu di Kalimantan Barat, salah satunya adalah Festival Seni Budaya Melayu.

Seni arsitektur dan tipologi rumah Adat Melayu adalah rumah panggung atau berkolong, dan memiliki pilar tinggi. Ini sesuai dengan iklim dan kebiasaan setempat yang sudah menurun. Suasana di dalam ruangan sejuk dan segar karena banyak memiliki jendela dan ventilasi (ventilasi).

Jika dilihat dari bentuk atapnya, Rumah yang menjadi ikon pontianak ini memiliki bentuk atap lipat kajang (rumah dengan atap curam) yang berbentuk segitiga dengan ketinggian sekitar 30 derajat, memiliki fungsi penyaringan udara panas agar tidak terjebak di dalam rumah.

Posisi bangunan ini tegak lurus dengan jalan utama yang disebut Rumah Melabung Merabung. Selain itu, di bagian bawah ada lubang yang cukup tinggi. Khusus untuk ornamen bangunan ini adalah kombinasi ornamen dari istana-istana di Kalimantan Barat. Keindahan area Rumah Adat Melayu lebih indah dengan taman yang didekorasi dengan bunga-bunga yang tertata rapi. Tidak hanya itu, bangunan ini dihiasi dengan air mancur yang indah dan bersih.

Untuk Anda yang ingin sewa mobil di Pontianak bisa menghubung kami segera. Jadi mudah dan praktis dalam mengunjungi tempat-tempat wisata di Kalimantan Barat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *