wisata tugu khatulistiwa

Keunikan Tugu Khatulistiwa, Ikon Kota Pontianak

5/5 - (3 votes)

Wisata Tugu Khatulistiwa – Tugu yang biasa disebut atau dikenal dengan nama tugu equator monumment. Tugu ini terletak di jalan Khatulistiwa, Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Ikon tugu kota Pontianak ini senantiasa dikunjungi pelancong yang datang ke Kalimantan Barat. Tugu ini dibangun buat mengetahui garis khayal Khatulistiwa yang terletak di Siantan terhadap garis lintang nol.

Tugu yang telah banyak dikenal dunia ini telah banyak terkena renovasi. Awalnya tugu cuma dibuat pada bentuk tiang disertai anak panah, seterusnya disempurnakan dengan wujud tiang disertai perputaran dan ujung panah. Untuk menjaga tugu khatulistiwa tetap asli, tugu ini kembali mengalami renovasi dan hanya ditambahkan kubah, seterusnya dibuatkan duplikat dari tugu bersama ukuran yang lima kali jauh ekstra gede di bandingkan tugu aslinya.

Rincian Bangunan Tugu Khatulistiwa

Bangunan ini mempunyai empat buah tiang yang terbuat awal kayu belian atau dikenal bersama kayu ulin khas Kalimantan dengan diameter 0,30 meter. Empat tiang awal tugu ini mempunyai tinggi yang berlainan. Dua tiang yang terpendam di bidang depan dibuat dengan tinggi 3,05 meter, padahal dua tiang lain yang ada di sektor belakang dibuat dengan tinggi 4,40 meter dan dijadikan yang merupakan area lingkaran serta anak panah.

Panjang anak panah yang mengacu terhadap arah perputaran ekuator menjangkau 2,15 meter yang dibawahnya bertuliskan “109 derajat 20’0”OlvG”, memperlihatkan posisi tugu khatulistiwa tercatat berada pada baris bujur timur.

Keunikan Tugu Khatulistiwa Saat Kulminasi Matahari

Keunikan dari tugu yang dibuat mulai sejak bahan dasar kayu ulin ini terletak guna saat terjadinya kulminasi ialah waktu di mana mentari berada tepat pada garis Khatulistiwa. Saat kulminasi berlangsung, sehingga pada saat itu juga bentuk tugu bakal menghilang pada beberapa detik. Sangat menarik karena pada kulminasi berjalan, bayangan beberapa orang yang sedang berada di dalam tugu khatulistiwa dapat ikut menghilang biarpun terkena paparan cahaya mentari.

Titik kulminasi matahari cuma berlangsung sebanyak dua kali pada satu tahun, yaitu tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. peristiwa alam yang tak ada di sembarang lokasi ini dijadikan sebagai event tahunan yang senantiasa berhasil memikat pelancong domestik ataupun wisatawan asing guna datang berkunjung.

Mau kesini ? yuk hubungi kami untuk bisa menggunakan jasa rental mobil di Pontianak yang sangat terpercaya. Kami menyediakan beberapa mobil yang cocok untuk keliling kota Pontianak dan sekitarnya. Pastikan menggunakan jasa rental mobil kami yang telah berpengalaman dan memiliki perusahaan resmi dalam naungan CV. Rizky Jaya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *