Titik Kulminasi Matahari Pontianak

Titik Kulminasi Matahari Pontianak

4.8/5 - (9 votes)

Pontianak dikenal dengan kota yang dilintasi garis khatulistiwa. Ibu kota Kalimantan Barat tersebut juga mempunyai keunikan yang tidak bisa dijumpai di daerah lain, yaitu titik kulminasi matahari Pontianak. Berikut ini beberapa fakta menarik dari fenomena unik tersebut.

Terjadi Setiap Bulan Maret dan September

Fakta pertama adalah titik kulminasi matahari terjadi 2 kali dalam setahun, yaitu di bulan Maret dan September. Biasanya fenomena alam tersebut berada di kisaran tanggal 21-23, sehingga para pengunjung bisa mengatur jadwal apabila ingin menyaksikan secara langsung.

Pada setiap event pelaksanaannya, Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kalimantan Baratlah yang menjadi penanggung jawabnya. Hampir setiap tahun titik kulminasi matahari selalu dilaksanakan dengan konsep yang beragam.

Tidak Ada Bayangan Selama Beberapa Saat

Fakta menarik dari fenomena titik kulminasi matahari di Pontianak yaitu tidak adanya bayangan selama beberapa saat. Hal ini berlaku untuk semua benda, termasuk manusia sekalipun. Tentunya kejadian unik tersebutlah yang menjadi daya tarik para wisatawan dari berbagai daerah. Menjadikan tempat wisata yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kalimantan.

Kulminasi sendiri mempunyai definisi di mana ketika posisi matahari berada tepat di atas kepala, sehingga bayangan nampak tidak ada. Kejadian unik tersebut akhirnya sering dinamai ‘hari tanpa bayangan’ oleh masyarakat Pontianak.

Walaupun Anda berjalan dan berkeliling saat terjadi fenomena titik kulminasi matahari, maka bayangan tetap tidak akan terlihat. Oleh karenanya, banyak pengunjung mengabadikan fenomena langka tersebut.

Telur Bisa Berdiri Tegak dengan Mudah

Hal lain yang cukup unik ketika terjadi fenomena kulminasi matahari adalah telur bisa berdiri tegak di area garis khatulistiwa. Karena keunikan tersebut, mendirikan telur saat terjadi kulminasi matahari menjadi agenda wajib saat perayaan.

Banyak wisatawan yang rela membawa telur sendiri untuk membuktikan fenomena unik tersebut. Beberapa diantaranya juga membeli di sekitar lokasi perayaan demi mendapatkan sensai dan pengalaman berbeda.

Awet Muda Jika Berada di Garis Khatulistiwa Saat Terjadi Kulminasi

Fakta menarik terakhir yang patut Anda simak yatu bisa awet muda jika berada di garis khatulistiwa saat terjadi fenomena titik kulminasi matahari. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan berita tersebut, banyak orang penasaran dan mencobanya secara langsung.

Sewa Mobil ke Tempat Wisata

Untuk menuju ke tempat ini bisa sewa mobil di CV. Rizky Jaya selaku rental mobil di Pontianak dan sekitarnya. Sewa mobil dengan harga terjangkau dan murah bisa lepas kunci atau menggunakan driver profesional yang telah berpengalaman

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.